Jangan Telat Mengenalkan Makanan Padat

ASI adalah makanan terbaik bagi semua bayi. Namun sejalan dengan bertambahnya usia maka ASI perlu diberikan pendamping atau biasa disebut dengan makanan pendamping ASI ( MP ASI ). Bila bayi hanya diberikan ASI saja maka kelak bayi akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan padat. Sebaiknya makanan padat mulai diberikan pada usia 6 bulan.

Pada tahap awal sebaiknya makanan diberikan dalam bentuk encer, secara bertahap dibuat lebih kental. seperti sari buah, bubur susu,  dan nasi tim saring. Nasi tim saring diberikan sampai anak mulai tumbuh gigi lalu diganti nasi tim cincang.

Buah yang diberikan sebaiknya buah yang tidak mengandung getah dan berbau tajam. Bahan makanan sebaiknya dipilihkan yang memiliki warna alami berbeda karena makin lengkap gizinya.

Ketika mengenalkan makanan pada bayi jangan sekali-kali memaksa anak untuk makan, ibu harus sabar dan mempu menciptakan suasana makan yang menyenangkan karena hal ini berpengaruh pada pola makan anak ketika besar nanti. Anak yang trauma pada makanan akan menjadi anak yang sulit untuk makan. Konsep memberikan makanan dalam suasana yang menyenangkan disebut medutainment atau meal, education dan entertainment. Ketika makan sebaiknya bayi tidak hanya menerima nutrisi untuk perkembangan fisik tapi juga berbagai stimulasi untuk merangsang perkembangan mental dan intelektualnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: