Varises

Bila anda sering merasa pegal atau kejang pada kaki terutama bila berdiri dalam waktu yang lama. Dan urat dibetis tampak menonjol, kemungkinan anda terkena varises.

Varises berkaitan dengan pembuluh darah balik ( vena ) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh ke jantung. Vena normal dengan katub yang baik akan membuat darah mengalir lancar ke jantung. Pada varises, katub dalam vena yang berfungsi untuk mencegah darah kembali ke seluruh tubuh tidak berfungsi sehingga darah yang harusnya mengalir ke jantung malah kembali lagi keseluruh tubuh. Darah yang tidak 100% kembali ke jantung akan menggumpul hingga menyebabkan penurunan elastisitas dinding vena.

Varises selain terjadi pada betis bisa juga terjadi pada saluran mulut ke perut atau esofagus. Varises di esofagus seringkali berhubungan dengan kerusakan fungsi hati. Kerusakan sel hati menggangu kemampuannya menyaring darah akibatnya aliran darah ke hati tidak lancar dan terbentuklah tonjolan pembuluh darah. Pecahnya pembuluh darah di esofagus sangat berbahaya karena darah dapat masuk ke saluran pernafasan. Varises juga bisa terjadi di jalan lahir bayi akibatnya bayi tidak bisa dilahirkan secara normal karena dapat mengakibatkan varises pecah dan pendarahan.

Faktor pasti penyebab terjadinya varises sampai saat ini belum diketahui. Namun ada beberapa faktur yang diduga menjadi penyebab penyakit ini :

  • Faktor keturunan
  • Hormonal
  • Kelebihan berat badan
  • Sering berdiri terlalu lama
  • Kehamilan
  • Proses persalinan
  • Sering mengankat beban berat
  • Kurang olah raga
  • Merokok
  • Mengidap kolesterol tinggi dan Diabetes Mellitus
  • Sering memakai sepatu hak tinggi

Wanita lebih rentan terkena varises dibanding pria. Selain kotraksi venanya lebih lemah, kulit wanita juga lebih lunak, faktor hormonal saat pubertas, kehamilan, menopause dan seringnya memakai sepatu berhak tinggi.

Ada beberapa tahapan pada varises. Pada tahap awal penderita akan merasa pegal dan kram bila berdiri terlalu lama. Namun jika diperiksa secara klinis belum terlihat tanda-tandanya.

Pada tahap selanjutnya, mulai terlihat adanya kelainan pembuluh darah, kaki terasa berat, terasa pegal sekalipun sedang beristirahat. Pada tahap yang paling berat timbul pembengkakan di kaki dan kulit akan berwarna gelap.

Sekalipun jarang terjadi varises bisa mengancam jiwa bila ada darah beku yang terbawa ke jantung dan paru. Komplikasi lain adalah pecahnya vena.

Varises ringan dapat disembuhkan dengan obat-obatan, memakai kaos kaki khusus dan olah raga. Skleroterapi digunakan untuk mengobati varises ringan atau apider navy. Dengan cara menyuntik vena dengan zat yang akan menciutkan dan merusak vena sehingga aliran tersumbat sepenuhnya. Aliran darah tersebut akan dialihkan ke vena lain yang sehat.

Bila suntikan tidak dapat dilakukan karena varises sudah terlalu parah perlu dilakukan pembedahan ( stripping ). Dalam tindakan ini vena diikat atau seluruh vena yang rusak diangkat lalu kaki dibebat erat.

Bila anda terkena varises segera berkonsultasilah pada dokter jangan menggunakan sembarang obat. dan bila anda ingin meminimalkan resiko terkena varises, silahkan baca tips berikut ini.

Ditulis dalam Varises. Tag: . 2 Comments »

2 Tanggapan to “Varises”

  1. Tips Mencegah Varises « Blog Kesehatan Keluarga Says:

    […] Ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Bila anda percaya pada pepatah ini, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk meminimalkan resiko terkena varises. […]

  2. Tips Mencegah Varises | http://www.untukku.com Says:

    […] Ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Bila anda percaya pada pepatah ini, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk meminimalkan resiko terkena varises. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: