Diabetesipun Boleh Puasa

Seperti manusia sehat lainnya para diabetesi atau penderita Diabetes Mellitus juga diijinkan untuk berpuasa. Hanya saja ada beberapa hal yang pelu diperhatikan sebelum melakukan ibadah puasa.

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh Diabetesi sebelum menjalankan ibadah puasa :

  1. Lakukan pengecekan kadar gula darah minimal dua minggu sebelum puasa. Hal ini dilakukan untuk memberi waktu bagi dokter untuk melakukan terapi guna menormalkan kondisi gula dalam darah. Kadar gula dalam darah yang diijinkan untuk berpuasa maksimal 250 mg/dL.
  2. Diabetesi yang menjalani terapi insulin satu kali per hari diijinkan berpuasa tapi yang melakukan terapi insulin lebih dari satu kali setiap hari sebaiknya tidak berpuasa dulu.

Para diabetesi harus sungguh-sungguh memperhatikan kadar gula dalam darah sebelum menjalankan puasa supaya tidak terjadi hipoglikemia atau kadar gula darah dibawah normal.

Bila kadar gula darah mencapai 30 mg/dL maka diabetesi akan kehilangan kesadaran karena terhentinya suplai makanan ke otak. Bila kondisi ini melewati enam jam maka akan terjadi kerusakan otak secara permanen sekalipun kadar gula darah sudah berhasil dinormalkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: