Kehamilan Diatas Usia 35 Tahun

Sebuah penelitian yang dilakuka oleh U.S.Centers for Diseas Control and Prevention ( CDC ) pada tahun 2006 menyatakan adanya kenaikan resiko kematian saat persalinan, hampir tiga kali lipat pada wanita yang melahirkan lebih dari usia 35 tahun. Penyebabnya antara lain pendarahan, emboli darah dan kelainan tekanan darah. Emboli darah adalah sumbatan yang berasal dari pecahan trombus atau bekuan darah dalam sistem pembuluh darah jantung.

Resiko lain yang harus diwaspadai pada kehamilan diatas 35 tahun

Pada kehamilan diusia 35 tahun keatas perlu diwaspadai meningkatnya resiko kelainan sindroma down pada janin karena kelainan kombinasi dari retardasi mental dan abnormalitas bentuk fisik yang disebabkan oleh kelainan kromosom.

Kelainan kromosom sendiri diperkirakan terjadi karena sel telur sudah berusia lanjut, terkena radiasi, pengaruh obat-obatan, infeksi dan lain sebaginya. Kelainan ini dapat dideteksi lewat screening darah dan USG. Lakukan pemeriksaan amniocentesis terutama bila hamil anak pertama. Pemeriksaan amniocentesis dilakukan dengan jalan mengambil cairan ketuban pada usia kehamilan 16 – 20 bulan .

Lakukan pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya diabetes gestational atau diabetes yang terjadi hanya pada ibu-ibu hamil akibat dari perubahan hormon selama kehamilan yang membuat masa kerja insulin terhenti. Gejala dari diabetes gestational adalah penurunan berat badan dengan alasanyang tidak jelas, mata kabur, kesemutan, gatal-gatal pada daerah kewanitaan. Bayi yang dilahirkan dari ibu yang menderita diabetes gestational akan mengalami obesitas. Pendarahan yang terjadi pasca melahirkan bisa mngancam nyawa ibu.

Hal lain yang perlu diwaspadai pada kehamilan diusia 35 tahun keatas aalah terjadinya pre-eklamsia. Gejala awalnya adalah tekanan darah yang meningkat secara drastis hingga lebih dari 140/90 mmHg, rin mengandung protein, terjadi pembengkakan pada pergelangn kaki, tangan dan wajah. Bila terdiagnosis pre-eklamsia harus diperiksa juga fungsi organ-organ tubuh yang lain seperti ginjal, jantung, paru, mata, otak dan sistem syaraf.

Seorang wanita yang hamil diatas usia 35 tahun tidak harus melahirkan dengan operasi. Bila jalan lahir, kemampuan ibu melahirkan secara nomal dan kondisi bayi memungkinkan maka dapat melahirkan secara normal. Lakukan proses persalinan pada rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: