Kopi Mengurangi Resiko Penyakit Hati

Minum kopi dan teh bisa mengurangi resiko kerusakan hati (liver) pada orang-orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol terlalu banyak, mengalami kegemukan, atau memiliki kandungan besi dalam darah terlalu tinggi.

Penelitian terhadap hampir 10.000 orang menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih dari dua cangkir kopi atau teh tiap hari, perkembangan penyakit hati kronis yang mungkin timbul berkurang hingga separuh  dibanding mereka yang minum kurang dari satu cangkir.

Namun penelitian yang dilakukan oleh Institut Nasional Penyakit Pencernaan, Ginjal, dan Diabetes ini menyatakan bahwa kopi tidak memberi perlindungan terhadap penyakit hati yang disebabkan hal-hal lain, seperti infeksi virus.

“Meski terlalu dini untuk menyarankan pasien agar lebih banyak minum kopi atau teh, temuan kami ini memberi cara mudah bagi mereka yang beresiko tinggi terkena penyakit hati kronis untuk menurunkan resiko tersebut,” kata Dr. Constance Ruhl, pimpinan penelitian.

“Kami juga berharap temuan ini akan memberi petunjuk pada peneliti yang sedang mempelajari perkembangan penyakit hati.”

Dalam tulisannya di journal Gastroenterology, Ruhl dan rekan-rekannya menduga kunci penurunan resiko itu ada pada kafein. Namun perlu juga diingatkan bahwa dalam penelitian lain, terlalu banyak kafein juga tidak baik untuk kesehatan karena meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Sumber : http://erik12127.wordpress.com/2007/09/30/kopi-mengurangi-resiko-penyakit-hati-2/

Ditulis dalam Kopi. Tag: , , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: