Diet Benar Hasil Maksimal

Diet atau pola pengaturan makanan pada awalnya digunakan oleh dokter untuk mengatur pola makan pasien. Karena fungsinya yang sangat baik dalam hal kesehatan akhirnya orang sehatpun tertarik untuk melakukan diet terutama mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Anda dikategorikan kelebihan berat badan atau obesitas bila kelebihan berat badan sebesar 20 persen dari berat badan ideal. Kelebihan berat badan dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu kelebihan berat badan tingkat rendah, kelebihan berat badan tingkat menengah dan kelebihan berat badan tingkat tinggi. Bila anda kelebihan berat badan 20 – 40 pesen dari berat ideal anda maka anda ada dalam kategori kelebihan berat badan tingkat rendah. Dengan kelebihan sebesar 41 – 100 persen dari berat ideal maka anda tergolong kelebihan berat badan tingkat menengah. Sedangkan kelebihan berat badan tingkat tinggi adalah mereka yang memiliki kelebihan sebesar 100 persen dari berat badan ideal.

Cara menghitung berat badan ideal bagi pria dan wanita berbeda. Pada pria, berat badan ideal adalah tinggi badan – 100. Maksudnya, seorang pria dengan tinggi badan 170 cm berat badan idealnya adalah 170 – 100 = 70 kg. Sedangkan berat badan ideal bagi wanita rumusnya adalah ( tinggi badan – 110 ) + 10% artinya seorang wanita yang memiliki tinggi badan 160 cm maka berat badan idealnya adalah 160 – 110 + ( 10% x 50 ) = 55 kg.

Dalam perkembangannya dikenal berbagai macam jenis diet mulai dari diet Atkins, diet Detox, diet South Beach, diet lemon dan masih banyak lagi.

Setiap program diet yang anda pilih pastikan anda mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Sangatlah baik bila anda menjalani diet dibawah pengawasan seorang dokter atau ahli gizi. Hal ini menjaga agar anda jangan sampai jatuh sakit karena diet yang terlalu ketat karena hal ini sangat merugikan diri anda sendiri.

Perlu anda catat sebelum anda melakukan diet, diet bukan berarti tidak makan sama sekali atau membiarkan tubuh anda kelaparan tapi diet adalah cara mengatur pola makan. Anda tetap bisa makan hanya porsi makan dan keseimbangan gizinya yang harus diatur supaya anda memperoleh berat badan ideal dengan tubuh yang sehat. Bila anda melanggar peraturan ini tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami kegagalan dalam menjalankan program diet.

Apapun pilihan diet yang anda pilih jangan lupa melibatkan sahabat karib dari diet yaitu olah raga. Diet tanpa olah raga hasilnya tidak bisa maksimal. Olah raga selain berfungsi membakar kalori juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Fungsi utama darah adalah membawa atau mengedarkan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh ke seluruh bagian tubuh. Bila peredaran darah lancar maka setiap organ tubuh akan mendapat asupan yang maksimal sehingga mampu menjalankan fungsinya secara maksimal. Olah raga juga berfungsi sebagai sarana rekreasi dan sosialisai dan yang terpenting bagi anda yang menjalankan program diet, olah raga membuat kulit anda menjadi kencang ketika berat badan anda turun.

Satu Tanggapan to “Diet Benar Hasil Maksimal”

  1. infogue Says:

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!http://www.infogue.com
    http://diet.infogue.com/diet_benar_hasil_maksimal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: