Faktor Penyebab Kegagalan Diet

Ada beberapa faktor yang umumnya menyebabkan kegagalan diet yaitu :

  • Kurang motivasi

Faktor motivasi sangat memegang peranan dalam berhasilnya sebuah program diet. Seorang yang sedang jatuh cinta dan ingin memiliki berat badan ideal agar menarik perhatian orang yang dicintainya memiliki motivasi yang lebih kuat dibandingkan orang yang ingin memiliki berat badan ideal karena ingin menggunakan sebuah gaun dengan model tertentu.

  • Tidak disiplin atau tidak konsisten

Banyak oang yang menjalankan program diet dengan tidak disiplin. Ketika diet menjauhi makanan habis-habisan, begitu angka ditimbangan turun segera merayakannya dengan makan secara berlebihan akibatnya beratnya selalu bertambah setelah dietnya berhasil, bahkan lebih gemuk dibandingkan sebelum diet.

  • Ganti kata-kata negatif dengan kata-kata positif

Otak kita diciptakan tidak menerima kata-kata negatif artinya bila anda berkata ; “ aku tidak lapar” program yang diterima oleh otak adalah “ aku lapar “. Ini sebabnya orang yang tengah menjalankan program diet justru sering merasa lapar. Sebaiknya anda berkata pada tubuh anda “ aku kenyang “

  • Tidak mau berubah

Bila anda ingin merubah berat badan anda rubah dulu kebiasaan buruk anda. Ganti kebiasaan ngemil dengan berolah raga. Ganti makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak dengan makanan yang berserat tinggi.

  • Tidak dibarengi dengan berolah raga

Diet harus selalu dibarengi dengan olah raga karena olah raga membantu membakar kalori dan mengencangkan kulit anda ketika anda telah mendapat berat ideal. Setelah berlah raga anda akan merasa sangat lapar hal ini disebabkan tubuh anda telah membakar banyak kalori dan sedang mencari sumber kalori pengganti. Bila sehabis olah raga anda makan maka tubuh akan menyerap semua kalori dari makanan tersebut karena itu makanlah 2 jam setelah berolah raga. Pada saat itu tubuh sudah membakar cadangan karbohidrat dan tidak menyerap habis karbohidrat dari makanan yang sedang anda makan. Pada dasarnya tubuh kita pelit, dia tidak mau melepaskan cadangan kalori ketika diperlukan, dia lebih suka mencari kalori baru dengan mengirimkan sinyal lapar pada otak. Bila kebutuhan kalori yang dicarinya tidak ditemukan barulah dia akan membakar cadangan kalori yang ada. Itu sebabnya banyak orang yang telah berolah raga namun tetap tidak turun berat badannya atau malahan beratnya bertambah. Bila anda tidak tahan dengan rasa lapar minumlah jus buah atau sereal.

  • Buat perencanaan diet yang terukur dan ada batas waktunya

Tentukan berapa berat yang ingin anda turunkan dan berapa lama anda ingin mencapai berat tersebut. Misalnya, anda ingin menurunkan berat badan sebanyak 12 kg dalam waktu 6 bulan. Hal yang harus anda lakukan adalah membagi target tersebut menjadi lebih kecil yaitu anda harus menurunkan berat badan sebanyak 2 kg per bulan. Anda perkecil lagi target yang harus dicapai dengan menargetkan berat badan anda harus turun 0,5 kg per minggu. Nah, sekarang jadi ringan bukan tugas anda ? hanya menurunkan berat badan 0.5 kg per minggu maka dalam 6 bulan berat badan anda akan turun 12 kg. Mengurangi asupan 500 kalori per hari membuat berat badan berkurang 2 kg dalam 1 bulan.

Kita mempeoleh berat badan ideal bila jumlah kalori yang kita makan dan yang kita gunakan untuk beraktivitas jumlahnya sama.

Ditulis dalam Diet. Tag: , , . 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Faktor Penyebab Kegagalan Diet”

  1. infoGue Says:

    Artikel anda di

    http://diet.infogue.com/faktor_penyebab_kegagalan_diet

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: