Suplemen Kalsium dan Jantung Lansia

Osteoporosis memang menakutkan, membuat tulang-tulang kita terus melemah, menjadi rapuh dan mudah patah. Bahkan, sekedar batuk biasa bisa menjadi tulang pengidap osteoporosis patah tiba-tiba.

Suplemen kalsium adalah salah satu cara untuk mencegah kerusakan parah karena osteoporosis. Tapi kapan sebaiknya mengkonsumsi kalsium dalam jumlah cukup. Selagi usia masih muda tulang masih terus tumbuh, dan kalsium yang dikonsumsi masih dapat dimanfaatkan oleh  tulang-tulang kita.

Suplemen kalsium yang dikonsumsi setelah berusia lanjut belum tentu membantu, malah justru merugikan.Wanita lanjut usia yang biasa mengonsumsi suplemen kalsium untuk menjaga kekuatan tulangnya memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

Dari penelitian yang dikepalai oleh Ian Reid dari University of Auckland dalam British Medical Journal dan melibatkan 1.471 wanita pasca menopause yang sehat, rata-rata berusia 74 tahun, yang juga telah berpartisipasi dalam studi mengenai pengaruh kalsium bagi kepadatan tulang dan tingkat patah tulang 732 orang diantara mereka diberikan suplemen kalsium, sementara 739 lainnya diberikan plasebo. Mereka terus diamati selama 5 tahun.

Terlihat, serangan jantung lebih umum terjadi pada mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium, dimana 31 orang di antaranya mengalami serangan jantung. Sementara diantara para mengonsumsi plasebo, hanya 21 orang yang mengalaminya.

Para peneliti juga mencatat penelitian sebelumnya yang mengatakan mengonsumsi suplemen kalsium dalam menurunkan risiko penyakit jantung, karena tingkat kolesterol jahat dalam darah menurun.

Karena suplemen kalsium meningkatkan tingkat kalsium darah, hal ini memicu pembentukan endapan dalam arteri yang menyebabkan serangan jantung.

Sumber : http://www.info-sehat.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: