Dehidrasi

Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan pada tubuh. Dehidrasi terjadi karena tubuh kekurangan zat natrium, kekurangan air atau kekurangan keduanya. Dehidrasi biasanya disertai dengan gangguan keseimbangan zat elktrolit tubuh.

Dehidrasi ringan terjadi bila terjadi penurunan cairan tubuh 5% dari berat badan. Penurunan cairan tubuh sebesar 10% dari berat badan disebut sebagai dehidrasi sedang. Jika penurunan cairan tubuh melampaui 10% dari berat badan maka dikategorikan sebagai dehidrasi berat.

Dehidrasi selain menggangu keseimbangan tubuh juga dapat menyebabkan penuruan tingkat kesadaran hingga meninggal dunia bila terus dibiarkan.

Waspadai gejala dehidrasi

Ringan : Merasa haus, mulut dan bibir kering, berkurangnya frekuensi buang air kecil

Sedang : Kekenyalan kulit menurun, berat badan menurun tanpa sebab

Berat : Mata menjadi cekung, kulit pucat, ujung jari terasa dingin dan kebiruan, denyut nadi berubah secara ekstrim, kesadaran menurun

Konsumsilah jumlah cairan yang jumahnya mencukupi kebutuhan tubuh anda setiap hari. Secara umum para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi cairan sebanyak 2 liter per hari, jumlah ini untuk orang yang kondisi dan aktivitas fisiknya normal. Dalam keadaan tertentu jumlah kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Jumlah ini bisa diperoleh dari air putih, jus, buah-buahan, masakan berkuah, dll.

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: