Culex Quinquefasciatus , Penyebar Penyakit Kaki Gajah

Kita sering mendengar keganasan nyamuk Aedes Aegepty yang menyebabkan orang sakit malaria. Namun bagaimana dengan Culex Quinquefasciatus ? mungkin mendengar namanya saja tidak pernah.

Culex Quinquefasciatus adalah nyamuk yang dapat menularkan penyakit kaki gajah ( filariasis ). Hal ini terjadi bila si Culex menghisap darah pengidap filariasis sehingga larva cacing filariasis masuk dan berkembang biak ditubuhnya lalu si Culex menularkan larva tersebut kepada manusia dengan cara menggigitnya. Kasus penyakit kaki gajah banyak ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia seperi Malang Selatan dan Kediri.

Culex memiliki kebiasaan yang berbeda dengan saudaranya Aedes Aegepty, bila Aedes aegepty suka hidup pada air bersih maka Culex menyukai air yang kotor seperi genangan air, limbah pembuangan mandi, got ( selokan ) dan sungai yang penuh sampah.

Culex, nyamuk yang memiliki ciri fisik coklat keabu-abuan ini mampu berkembang biak disegala musim. Hanya saja jumlahnya menurun saat musim hijan karena jentik-jentiknya terbawa arus. Culex melakukan kegiatannya dimalam hari. Untuk memberantas keberadaannya kita perlu menjaga kebersihan lingkungan dan jika perlu kita bisa melepaskan beberapa jenis ikan pada saluran air untuk memakan jentik-jentiknya.

Satu Tanggapan to “Culex Quinquefasciatus , Penyebar Penyakit Kaki Gajah”

  1. nasihin Says:

    bagus, sangant membantu saya dalam penulisan skripsi,, tapi lengkapi dongs impormasinya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: