Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang ditakuti sekalipun bukan penyakit menular, karena menyebabkan banyak kematian. Tingkat kematian yang tinggi ini disebabkan oleh sulitnya melakukan deteksi dini terhadap kanker dan sulitnya menghentikan sel kanker berkembang biak. Sulitnya pengobatan kanker menimbulkan biaya yang tidak sedikit sedangkan penderita merasa kesakitan yang luar biasa karena sel kanker terus menggerogoti jaringan tubuhnya. Proses pengobatan kanker lewat penyinaran dan kemoterapi, tidak saja mematikan sel kanker tapi juga mematikan sel tubuh yang sehat.

Penyebab kanker bisa karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti mutasi gen dan kesalahan genetika yang diturunkan. Faktor eksternalnya adalah karena polusi, virus, infeksi, radiasi, makanan, bahan-bahan kimia yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Kabar gembiranya, menurut WHO ( World Health Organization ) penyakit kanker yang disebabkan oleh faktor internal hanya 10 – 15% saja, selebihnya disebabkan oleh faktor eksternal sehingga kita bisa menghindari faktor pemicunya.

Kanker berawal dari adanya satu sel tubuh yang rusak, kemudian sel ini terus membelah diri sehingga membentuk jaringan tumor atau kanker. Sel adalah bagian terkecil dari tubuh kita namun seluruh anggota tubuh dan organ tersusun dari sel tersebut. Sel-sel itu bentuknya hampir sama tapi tugasnya berbeda. Ukuran sel hanya seperseratus milimeter sehingga diperlukan mikroskop untuk melihatnya. Karena itu pendeteksian dini terhadap kanker sulit untuk dilakukan. Bila ditemukan gejala yang jelas mengenai kanker biasanya keadaannya sudah cukup parah sehingga pengobatannya menjadi sukar.

Kanker ada yang jinak dan ada yang ganas. Kanker jinak biasanya dikenal dengan sebutan tumor. Tidak semua sel tubuh yang rusak serta merta berubah menjadi kanker. Kapan dan mengapa sel tubuh yang rusak itu berubah menjadi tumor atau berubah menjadi kanker atau berubah dari tumor menjadi kanker, belum diketahui secara pasti.

Ada beberapa tahap perkembangan sel sehat menjadi sel kanker mulai dari tahap inisiasi, tahap progesi dan tahap metastase.

Kanker dapat terjadi pada hampir semua bagian tubuh, terutama pada bagian tubuh yang selnya sangat aktif ( seperti payudara dan rahim ) serta bagian tubuh yang selnya sering berganti ( seperti sel darah dan saluran pencernaan ).

Saat ini ada lebih dari 40 jenis kanker yang diketemukan seperti kanker payudara, kanker darah, kanker otak, kanker usus, kanker kulit, kanker tenggorokan, kanker getah bening, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker mulut rahim, kanker indung telur, kanker mulut dan gusi dan lain-lain.

Menurut berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli kanker dan ahli gizi, mereka menyimpulkan bahwa pencegahan kanker dapat dilakukan dengan cara menghindari faktor pencetusnya, hidup sehat, menerapkan pola makan yang seimbang, banyak mengkonsumsi antioksidan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: