Khitan Melindungi Pria dari HIV

KOMPAS. Tiga studi yang dipublikasikan pada Rabu (17/12/08 mengungkapkan pengkhitanan alat kelamin pada laki-laki dapat melindungi mereka dari virus HIV yang mematikan dan virus lainnya yang menyebar lewat hubungan seksual seperti virus yang menyebabkan kanker serviks.

Laporan tersebut terdapat pada Jurnal Penyakit Berinfeksi. Hal itu menimbulkan perdebatan apakah pengkhitanan lebih baik dilakukan pada saat dewasa atau saat baru lahir.

Dr Bertran Auvret dari Universitas Versailes, Prancis, dan koleganya di Arika Selatan meneliti lebih dari 15% pria yang sudah dikhitan dan 22% pria pria yang belum dikhitan terinfeksi virus HIV atau virus papiloma manusia ( human papiloma virus/ HPV ) yang menyebabkan kanker serviks.

Mereka melaporkan, khitan dapat menghindarkan laki-laki dari ancaman virus HIV yang menular lewat hubungan seksual.

Lebih 33 juta orang di seluruh dunia terinfeksi AIDS, yang belum ada obat dan vaksinnya. HPV juga merupakan infeksi yang paling banyak disalurkan lewat hubungan seksual, dengan korbannya di AS sekitar 20 juta orang. Infeksi itu dapat berkembang menjadi kanker serviks yang memakan korban sekitar 200 ribu wanita setiap tahunnya. (*/Reuters/X-6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: